Home / MMUS Putri / Profil (MMUS) Putri

Profil (MMUS) Putri

logo mulazamah putriProfil Madrasah Mulazamah Ulumul Islamiyah (MMUS) Putri

Mulazamah, Metode Pendidikan Warisan Nabi…

Ingatkah kita dengan kisah para ulama terdahulu tentang cara bagaimana mereka mencari ilmu? Mereka rela menempuh jarak ribuan kilometer demi menjumpai seorang Guru, untuk mendapatkan ilmu-ilmu syar’i. Perjuangan ‘luar biasa’ mereka akhirnya berbuah manis. Mereka mampu menguasai ilmu yang telah mereka perjuangkan dengan sekuat tenaga, dengan sangat rinci.

Lahirnya Ulama Rabbani bagaikan pelita bagi umat. Upaya melahirkan mereka merupakan tugas besar bagi seluruh komponen umat di setiap generasi. Upaya itu harus dilakukan secara terus-menerus, serius, dan harus dengan metode pendidikan yang tepat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh kita demi lahirnya generasi Ulama Rabbani masa kini ialah dengan menempuh jalan melalui sistem mulazamah.

Apa yang dimaksud dengan Mulazamah?

Mulazamah diambil dari kata berbahasa Arab, لازميلازم yang berarti ‘menemani’ atau ‘tinggal bersama’. Maksudnya adalah menggambarkan seorang murid yang belajar dan tinggal bersama gurunya. Murid mempelajari satu permasalahan, dan tidak diperkenankan beranjak ke level keilmuan yang lebih tinggi kecuali setelah menguasai materi-materi di level yang lebih dasar. Sejarah keemasaan para ulama menjadi bukti keberhasilan metode ini. “Mulâzamah” dan “ta’shîl ‘ilmi” merupakan metode pendidikan unggul warisan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Metode ini menekankan kebersamaan yang intensif antara thalibul ‘ilmi (penuntut ilmu) dan guru dalam proses belajar dan mengajar. Dengan intensitas kebersamaan yang tinggi itu, proses pendidikan dan transfer ilmu, baik akidah, ibadah, akhlak, muamalah, dan sebagainya akan lebih sempurna.

Bagaimana dengan Madrasah Mulazamah Ulumul Islamiyah Putri?

Berangkat dari hal itu, maka MMUS Putri berkomitmen ingin meniru metode belajar warisan Rasul. Berusaha meneladaninya dengan satu cita-cita besar kami, agar dapat membentuk generasi muslimah yang kelak akan melahirkan generasi gemilang demi peradaban islam. Karena fakta ilmiah membuktikan, bahwa kecerdasan seorang Ibu lah yang akan diturunkan kepada anaknya. Maka sudah sepatutnya kita mempersiapkan para muslimah kita untuk menjadi wanita yang cerdas otaknya, luhur kepribadiannya, luas ilmunya, dan ta’at kepada Rabbnya.

Apa saja yang akan dipelajari di MMUS Putri?

Para Ulama dan Ilmuwan besar Islam menjadikan Adab sebagai pembuka keberkahan ilmunya. Maka hal pertama yang akan dipelajari di MMUS Putri adalah masalah Adab secara mendasar pada bulan awal. Dan pelajaran Adab ini tidak berbatas waktu, bahkan sampai ia dinyatakan lulus dari MMUS Putri.

Lalu, hal utama yang akan dipelajari di MMUS Putri adalah Al-Qur’an. Karena Al-Qur’an adalah dasar, sumber segala ilmu. Fokus mempelajari dan menghafal Al-Qur’an sebelum mempelajari ilmu-ilmu lain telah terbukti mampu meningkatkan kecerdasan seseorang ratusan kali lipat. Al-Qur’an datang dari langit, dari tempat Yang Maha Tinggi, maka siapapun yang menguasai Al-Qur’an akan menjadi terangkat derajatnya.

Sembari mempelajari Al-Qur’an, anak akan belajar Fiqh Nisa harian sebagai bekal mereka menjalankan kewajiban sebagai seorang muslimah sehari-hari. Selanjutnya jika sudah menguasai dan menghafal Al-Qur’an secara menyeluruh, pelajaran berlanjut ke Bahasa Arab sebagai bahasa pengantar dalam memahami kitab-kitab yang akan dipelajari setelahnya. Dengan target mereka mampu membaca, menulis, berbicara, dan mendengar aktif Bahasa Arab.

Bahasa Arab adalah modal untuk kemudian mempelajari ilmu Tafsir Al-Qur’an kemudian ilmu Hadits.

Semua materi Al-Qur’an, Bahasa Arab, Tafsir serta Hadits akan dipelajari secara fokus dan rinci dalam waktu yang tidak bersamaan. Seorang anak tidak akan mempelajari materi setelahnya sebelum mereka menguasai materi yang telah diajarkan.

Sebagai selingan di hari liburnya, anak muslimah kita akan belajar memasak dan olahraga sunnah seperti berenang, memanah, dan berkuda. Sehingga mereka tak hanya pintar dari segi ilmu syar’i, tapi mereka juga siap menjadi koki dalam rumahnya kelak serta kuat dan sehat badannya dengan olahraga sunnah.

Materi terakhir yang akan diberikan kepada anak adalah materi tentang keterampilan kerumah-tanggaan, menjahit, serta parenting nabawiyah. Dengan diberikannya materi ini, diharapkan mereka mampu siap menjadi Ibu cerdas dan berkualitas yang dirindukan keluarga Islam, serta siap menjadi madrasah terbaik bagi anak-anaknya hingga lahirlah generasi-generasi gemilang demi peradaban Islam kelak.

Bagaimana dengan kualitas Para Pendidik?

Alhamdulillah, kami sudah mendapatkan guru-guru yang Insya Allah memiliki Kafa’ah yang baik dan berkualitas pada bidangnya. Untuk materi tentang Al-Qur’an sendiri akan diampu oleh Hafidz bersanad.

Tak cukup sampai disitu, agar para guru bisa menjadi sosok yang dicintai anak-anak, maka akan ada proses Sekolah Guru dalam paket Akademi Guru, Kuliah Guru, serta berbagai bentuk kegiatan Upgrading yang dilakukan oleh Bidang Peningkatan Mutu dan Kualitas Guru. Sebab ini adalah sekolah dengan sistem asrama yang hampir seharian penuh Santriwati akan bersama Guru, maka Guru lah yang menjadi icon pertama yang harus terus dilejitkan potensinya.

Bagaimana dengan Ijazah?

Setiap kali Santriwati menyelesaikan dan menguasai satu materi, maka akan kami berikan kepadanya sertifikat sebagai pertanda bahwa Ia telah khatam dan berhak melanjutkan belajar materi berikutnya. Kami (MMUS Putri) memang tak menjanjikan ijazah setelah lulus. Tapi kami akan memfasilitasi setiap orang tua yang ingin anaknya mendapatkan Ijazah paket B dan C sebagai penyetaraan ijazah SMP dan SMA, dengan membuka kelas khusus persiapan Ujian Nasional

About ZulkifliMA

Check Also

PENGHAPUS AMAL Bag. 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *