Home / Ibadah / WAJIBKAH MEMPELAJARI ILMU AGAMA DAN ILMU SYARI’AT?

WAJIBKAH MEMPELAJARI ILMU AGAMA DAN ILMU SYARI’AT?

Ibnu Majah meriwayatkan dengan sanad shahih dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anha bahwa ia mengatakan : Rasulullaah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda :

“Mencari ilmu adalah kewajiban setiap muslim.”

Al-Albani mengatakan, “Adapun tambahan, ‘atau muslimah’, yang populer di tengah-tengah masyarakat, maka ini tidak ada sumbernya sama sekali. Tambahan yang terdapat pada permulaannya di sejumlah riwayat, ‘Carilah ilmu walaupun di China,’ juga tidak benar seperti yang telah saya jelaskan dalam Al-Alhadits Adh-Dha’ifah.”

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Iman adalah kewajiban setiap orang dan merupakan inti yang terdiri dari ilmu dan amal. Maka tidak dapat dibayangkan adanya iman TANPA ilmu dan amal. Maka dari itu, syariat Islam adalah kewajiban bagi setiap muslim dan tidak mungkin dapat diterapkan kecuali setelah mengetahui dan mempelajarinya. Allah mengeluarkan hamba-hamba-Nya dari perut ibu mereka tanpa mengetahui apa-apa. Karena itu, mencari ilmu adalah kewajiban setiap muslim, dan ilmu tidak bias didapatkan kecuali dengan dicari.”

Dengan demikian, setiap muslim dan muslimah harus berupaya untuk mencari ilmu dan berusaha untuk mendapatkannya. Siapa yang enggan mempelajari ilmu syariat, maka dia telah terjerumus ke dalam kesalahan-kesalahan yang sangat besar, seperti yang telah dipaparkan dalam pembahasan ini.

Kita sering mendengar banyak wanita yang menentang dan menolak perkara-perkara  yang sudah lazim diketahui dalam agama dengan sangat terang, seterang matahari pada siang hari. Ada wanita yang selama bertahun-tahun tidak pernah mandi junub karena tidak mengeluarkan air mani. Ini adalah kebodohan. Juga ada wanita yang tidak bias berwudhu, menunaikan sholat, atau sama sekali tidak mengetahui hokum-hukum haid dan nifas. Seandainya wanita mengetahui berbagai manfaat yang terdapat dalam mencari ilmu, niscaya ia tak bermalas-malasan untuk mencarinya.

Imam Ahmad, Abu Dawud dan lainnya meriwayatkan dari Abu Darda’radhiyallahu ‘anha bahwa ia mnegatakan : Aku mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa meniti sebuah jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Sesungguhnya para malaikat benar-benar menaungkan sayap-sayap mereka bagi pencari ilmu karena ridha terhadap apa yang dilakukannya. Dan, sesungguhnya seorang berilmu benar-benar akan dimohonkan ampunan oleh makhluk yang ada di langit dan di bumi, hingga ikan paus di dalam air. Keutamaan orang berilmu atas ahli ibadah seperti keutamaan bulan atas seluruh bintang. Sesungguhnya ulama adalah pewaris para nabi. Dan, sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar tidak pula dirham, tetapi mereka hanya mewariskan ilmu. Siapa yang mengambil ilmu itu, maka sungguh ia telah mengambil bagian keuntungan yang berlimpah.”

About ZulkifliMA

Check Also

Bangga Menjadi Ummat Muhammad SAW #3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *