Home / Akidah / Ciri Khas Fisik Al-Mahdi

Ciri Khas Fisik Al-Mahdi

Dari Abu Sa’id Al-Khudri, Rasulullah bersabda:

“Al-Mahdi itu berasal dariku, lebar dahinya, dan panjang (mancung) hidungnya, dia akan memenuhi bumi dengan kelurusan dan keadilan, sebagaimana sebelumnya bumi dipenuhi dengan kelaliman dan kezhaliman. Dia akan berkuasa selama 7 tahun.” (HR. Abu Dawud, sanad jayyid)

Hadits ini menjelaskan bahwa ciri khas yang paling mudah dikenali adalah tersingkapnya rambut dari dahi hingga mendekati pertengahan kepala, tetapi bukan botak. Dan orang yang memiliki ciri khas demikian ini pantas dikatakan dahinya lebar. Demikian pula  hidungnya yang panjang dengan kehalusan pada ujungnya dan kebengkokan pada bagian tengahnya. Ciri inilah yang terpenting yang membedakan penampilan luar Al-Mahdi dari orang-orang lainnya. Ciri khas inilah yang termaktub dalam beberapa hadits.

As-Sulami menyebutkan pada kitabnya, ‘Uqad Ad-Durar, beberapa tambahan tentang ciri khusus yang terdapat dalam diri Al-Mahdi, diantaranya :

  1. Giginya renggang dan saling berjauhan, serta putih dan berkilauan cemerlang.
  2. Warna kulitnya hitam, tubuhnya tidak tinggi dan tidak pendek.
  3. Tampan wajahnya, memancarkan cahaya, seakan-akan bintang yang cemerlang. Lebat janggutnya, pada sebuah atsar disebutkan bahwa janggutnya berwarna hitam. Pada pipi kanannya ada tahi lalat hitam yang Nampak jelas.
  4. Matanya lebar, jarak alisnya tidak bergandengan. Pelupuk matanya hitam alami, bukan karena celak.

Ciri fisik tersebut adalah campuran dari ciri fisik kedua kakeknya, yaitu Rasulullah shalallahu ‘alayhi wa sallam dan Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘anhu…

About ZulkifliMA

Check Also

KEKUATAN SEDEKAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *