glp

ANTARA ZIKIR TERBAIK DENGAN KEGELAPAN TOTAL DI AKHIR ZAMAN

Ingatkah kita tentang beratnya beban Nabi Yunus as ketika hidup dalam perut ikan paus tanpa makanan, tanpa minuman, tanpa cahaya, bahkan tanda udara yang layak. Di saat itu, Nabi Yunus hidup dalam kegelapan yang sangat gelap. Ya, kegelapan total. Terombang-ambing di dalam perut ikan paus di tengah lautan. Di saat itu, tiada yang Nabi Yunus as kerjakan selain berzikir, berdo’a, dan beristighfar, serta beribadah kepada Allah Ta’ala dengan memperbanyak sujud.

Dengan izin Allah, dari dalam perut ikan paus tersebut, Nabi Yunus dengan jelas dapat mendengar bagaimana segenap makhluk Allah dalam lautan bertasbih dan bertahmid, memuji kebesaran dan keagungan-Nya dengan bahasa dan caranya masing-masing. Yunus pun menghabiskan seluruh usianya untuk melantunkan tasbih, tahmid, tahlil, takbir, istighfar, zikir, serta doa kepadaNya. Waktu yang dimilikinya dimanfaatkan untuk bertaubat dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Dari kegelapan yang terus menerus, Nabi Yunus terus menerus melantunkan kalimat ini tanpa henti,

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ (٨٧)فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ (٨٨

Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, “Tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Engkau. Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim.”  (QS. Al-Anbiya’ : 87)

Dari kisah Nabi Yunus, kita dapat mengambil sebuah pelajaran yang amat berharga bahwa tasbih, tahlil, tahmid, istighfar, dan zikir secara khusus (di dalam shalat), serta amal-amal shaleh secara umum dapat mencegah datangnya bencana. Bahkan ketika bencana sudah terlanjur turun sekalipun, dengan izin Allah, bencana mampu terangkat untuk selama-lamanya tanpa meninggalkan bekas.

Inilah inspirasi terbaik bagi kita, bahwa jika kelak manusia akan mengalami peristiwa seperti yang dialami oleh Nabi Yunus, maka solusinya adalah meniru seperti apa yang telah beliau kerjakan. Inilah pelajaran berharga dari Allah Azza wa Jalla agar lahir manusia-manusia lain yang mencontoh sikap Nabi Yunus dalam menghadapi bencana.

Tengoklah janji Allah kepada kaum yang beriman,

“Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan. Dan demikian pula Kami akan menyelamatkan orang-orang yang beriman.”  (QS. Al-Anbiya’ : 87-88)

Bahwa dengan perantara zikir dan do’a kepada Allah, serta melakukan amal shalih, maka akan kita dapatkan keselamatan dari bencana, kegelapan, kelaparan, kesempitan, ataupun ujian yang datang beruntun. Dan ini bukan hanya mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi Yunus saja, tapi akan selalu berulang kepada setiap diri orang beriman yang mengalami bencana dan mengamalkan amalan yang sama.

Betapa mulianya Nabi Yunus, yang telah memberikan suri tauladan bagi setiap mukmin yang dilanda kesusahan sejak hari itu hingga hari kiamat kelak. Inilah salah satu misteri zikir akhir zaman, keajaiban dan keagungan amalan zikir yang dengan izinNya mampu menolak bencana kegelapan, kelaparan, dan kesempitan di saat asap global telah menutupi seluruh penjuru bumi. Betapa besar kasih sayang Allah kepada hamba-hambaNya yang beriman.

Wallahu a’lam bis showab

 




#SemasihAdaKesempatan,
yuk ber amal sholih sebanyak-banyaknya.
bisa melalui Yayasan Al-Huffazh yang didalamnya terdapat santri dan santriwati yang tengah menimba ilmu Al-Qur’an dan sedang ditempa menjadi Ulama serta pejuang islam masa depan.

#khususDonasiPendidikan :
BNI Syariah 0600 400 803 an. Unit MMUS (Yayasan Al-Huffazh)

#khususWakafPembangunan :
BNI Syariah 0600 900 204 an. Yayasan Madrasah Mulazamah
BSM 11111 01112 an. Gedung Yayasan MMUS

#donasi umum baik pendidikan maupun pembangunan
BSM: 0630.0000.89
BCA: 6145.0473.60
an. Zulkifli Muhammad Ali

#penting : Setelah transfer diharapkan konfirmasi ke 0815-1546-0251 via SMS, Whatsapp, ataupun telegram dengan format:
Jenis Donasi # Nama Donatur # Alamat Donatur # Bank Tujuan Transfer # Tanggal Transfer # Besar Donasi
setiap donasi yang masuk akan kami laporkan tiap bulannya di website kami
jangan lupa subscribe youtube kami : UZMA MEDIA TV CHANNEL
Baarakallaahu Fiekum… 🙂

 

 

 

About ZulkifliMA

Pria kelahiran Pariaman, 15 Nopember 1974 M yang akrab disapa dengan panggilan Ustadz Zul ini memiliki nama lengkap Zulkifli Muhammad Ali. Pemilik situs Zulkiflima.com ini menyelesaikan program pendidikan tingkat kuliahnya di Al-Azhar, Mesir, kemudian melanjutkan studynya di Tripoli, Libiya. Beliau aktif di pengkaderan generasi muda peka ilmu, guna mempersiapkan generasi mendatang yang lebih baik. Selengkapnya tengang beliau, bisa dibaca di sini.

Check Also

duhaima-660x330

Saat fitnah Duhaima’ Mendera

Saat fitnah Duhaima’ mendera, silih berganti menimbulkan pengkikisan keimanan, sungguh, seorang muslim tidak boleh jika …

0828033620x310

MAKSIAT MENGUNDANG BENCANA

Apakah ada hubungan antara bencana dengan kezhaliman? Media-media kita saat ini seringkali dihiasi oleh berita …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *